02.23
Prak 3 - Memperhalus Walk Cycle Menggunakan Konsep Arcs
1. Tujuan
Memperhalus walk cycle menggunakan konsep Arcs2. Bahan
Sebuah walk cycle yang memiliki kriteria berikut:1. Pose lengkap (contact, down, passing, up)
2. Timing tepat ( 8 frame atau 16 frame )
3. Inbetween antar pose (seluruh frame terisi keyframe)
3. Alat
Adobe Flash Professional CS34. Dasar Teori
Banyak hal tidak bergerak secara garis lurus. Bola saja dilempar
tidak akan pernah lurus, pasti ada sedikit pergeseran. Jadi usahakan
gerakan objek anda tidak sempurna, agak “dirusak” sedikit sehingga
terlihat alami.
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau
makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan
lebih realistik, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang
berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai
contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola di udara.
Salah satu cara memperhalus animasi adalah dengan memperhatikan
arcs-nya. Arcs yang dimaksud adalah lengkungan lintasan pergerakan.
Untuk gerakan walk cycle, arcs yang muncul lebih dari satu macam. Arcs
yang perlu diperhatikan pada walk cycle adalah arcs dari titik penting
sebuah stickman. Ada banyak titik penting yang perlu di-cek arcs-nya.
Salah satunya adalah titik tumit. berikut adalah contoh cara mengecek
arcs yang dihasilkan dari pergerakan tumit.
Cara mengecek arcs bisa dimulai dengan menandai titik pentingnya.
Pada video diatas, titik tumit ditandai dengan titik warna hijau.
Setelah seluruh titik tumit pada seluruh frame ditandai, maka kita akan
dapat kumpulan titik sebagai berikut
titik penanda posisi tumit pada setiap frame |
jika titik-titik hijau tersebut dihubungkan, maka akan bisa
dievaluasi apakah animasinya sudah halus atau belum. jika garis yang
dihasilkan tidak berbentuk kurva mulus, maka animasinya termasuk kurang
halus.
berikut adalah contoh titik-titik yang menghasilkan arcs yang kurang mulus. perhatikan pada daerah yang dilingkari biru. jika daerah ini dibetulkan, yaitu dengan menggeser posisi tumit pada keyframe tersebut, maka akan diperoleh hasil animasi yang lebih halus.
berikut adalah contoh titik-titik yang menghasilkan arcs yang kurang mulus. perhatikan pada daerah yang dilingkari biru. jika daerah ini dibetulkan, yaitu dengan menggeser posisi tumit pada keyframe tersebut, maka akan diperoleh hasil animasi yang lebih halus.
Contoh titik yang merusak arcs |
5. Tugas Praktikum
Perbaiki arcs pada titik:1. pinggul
2. tumit
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan Praktikum
a. bisa membuat animasi walk cycle yang lebih halus lagi
b. melatih ketelatenan dan kesabaran
http://www.mohhasbias.com/
8. Referensi
http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/pengertian-prinsip-prinsip-dan-perbedaan-animasihttp://www.mohhasbias.com/
0 komentar