Laporan Praktikum 8
18.44Prak. 8 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion
1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.
2. Alat
Cinema 4D R16
Cinema 4D R16
3. Bahan
text " SHOW OF YOURS"
text " SHOW OF YOURS"
4. Dasar Teori
dalam praktikum ini, saya menggunakan material baru pada asset project yang telah saya kerjakan di praktikum sebelumnya. hanya menambahkan 1 material saja, anggap saja mirip dengan stadium lamp. terdapat beberapa setting pada material ini, antara lain adalah sebagai berikut :
1. bump map
bump map pada material setting digunakan untuk membuat object menjadi lebih nyata, timbul, dan tidak flat.
2. color
channel color digunakan untuk mengatur dan mengubah-ubah warna object sesuai keinginan. di dalamnya juga bisa mengatur brightness dan texture. pada praktikum ini menggunakan warna kuning-orange, brightness diatur 200% dan texture berbentuk circle untuk meniru stadium lamp
3. reflectance
channel reflectance digunakan untuk menambah efek glow dan dapat memantulkan cahaya. reflectance ini mendukung object supaya terlihat lebih 3d, karena memberikan ruang gelap dan terang.
4. luminance
channel luminance digunakan untuk mengimbangi keadaan gelap dan terang dari object. pengaturan cahaya dengan luminance ini akan mengurangi keadaan terlalu gelap atau terang. dalam praktikum ini luminance digunakan untuk membuat object menjadi lebih terang, namun masih tetap stabil.
5. texture circle
texture circle digunakan untuk membuat object memiliki tekstur permukaan berpola lingkaran. terdapat pengaturan pola circle beraturan dan tidak beraturan. dapa diatur sesuai kebutuhan. dalam praktikum ini menggunakan circle 1.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
praktikum ini membuat saya menjadi lebih mengetahui dan memahami bagaimana membuat rekayasa sebuah animasi menjadi lebih nyata dan mirip dengan object asli. selama pengerjaan masih belum menemukan hambatan yang terjadi, tetapi malah menambbah kreativitas serta kelincahan tangan dalam membuat modelling animasi.
ternyata, effect bump pada pengerjaan saya mengalami permasalahan. setelah di render, tidak menghasilkan efek timbul seperti lampu setadion, hanya warna kuning yang flat. berbagai cara saya lakukan untuk bisa memberikan efek timbul. setelah mendapatkan permasalahan tersebut akhirnya bisa. efek bump tidak muncul karena physical sky. pengaruh jam/waktu juga memperngaruhi efek pencahayaan yang mendukung efek timbul pada lampu stadion.
ternyata, effect bump pada pengerjaan saya mengalami permasalahan. setelah di render, tidak menghasilkan efek timbul seperti lampu setadion, hanya warna kuning yang flat. berbagai cara saya lakukan untuk bisa memberikan efek timbul. setelah mendapatkan permasalahan tersebut akhirnya bisa. efek bump tidak muncul karena physical sky. pengaruh jam/waktu juga memperngaruhi efek pencahayaan yang mendukung efek timbul pada lampu stadion.
9. Referensi
www.mohhabias.com
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
www.mohhabias.com
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
https://id.wikipedia.org/wiki/NURBS
0 komentar