Actionscript
02.31
Prak 15 - Animasi Menggunakan Programming
1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.2. Alat
Adobe Flash Professional CS3+(diuji di Flash CC)
3. Bahan
Flint Particle EngineDownload file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”
4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.5. Tugas Praktikum
- Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
- Ubah posisi dari animasi tersebut
- Ubah warna dari animasi tersebut
- Ubah radius dari animasi tersebut
- Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
6. Petunjuk Praktikum
- Buat project ActionScript 3
- Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
- Salin kode berikut pada “actions” window
- Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
- Buka “ActionScript Setting”
-
Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”
-
Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc”
-
Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)
7. Hasil Praktikum
1. mengubah posisi dari animasi tersebut
2. mengubah warna dari animasi tersebut
3. mengubah radius dari animasi tersebut
4. mengubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
8. Kesimpulan
1. membuat animasi dengan menggunakan programming2. bisa membuat / menyusun action script untuk membuat animasi
3. memodifikasi animasi supaya lebih menarik
4. animasi tidak harus dibuat dengan manual frame by frame
5. ilmu multimedia itu luas dan bisa berkembang sesuai teknologinya
0 komentar