Laporan Praktikum 1

19.36




Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan
Logo PENS. Silahkan download dari pedoman identitas PENS

4. Dasar Teori

    animasi 3d dengan 2d adalah dua hal animasi yang berbeda.  perbedaan yang paling terlihat adalah dari bentuk tampilan pada keduanya. animasi 2d hanya data dilihat dari satu sisi saja. hanya terdapat 2 sumbu simetri saja, yaitu sumbu x dan y. sedangkan animasi 3d data dilihat dari segala arah, terdapat volume pada obyek, dan terdapat 3 samba, yaitu samba x, y, dan z. tentu saja keduanya menggunakan software aplikasi yang berbeda.

     tracing merupakan teknik penggambaran cepat untuk membuat suatu obyek baik secara manual atau digital.

       software untuk membuat animasi 2d seperti adobe flash digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. sedangkan untuk software animasi 3d seperti cinema 4d mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. bebeapa software animasi 3d mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure (manusia), animasi landscape(pemandangan), animasi title (judul), dll. karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit.


5. Tugas Praktikum 
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian


6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum




1   Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator. file logo harus dibuat dahulu di Illustrator, dan disave as Illustrator 8.




2   mengubah ketajaman sudut

 dengan fasilitas fillet cap




3   Mengubah warna obyek



3   mengubah ke file video





7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan
     dalam membuat 3d modelling di software cinema 4d lebih rumit daripada di adobe flash. diperlukan ketrampilan dan latihan yang lebih lagi untuk bisa mengoperasikan cinema 4d. di dalam animasi 3d terdapat 3 sumbu yaitu sumbu x, y, dan z. diperlukan perhitungan juga untuk mengatur ketebalannya

9. Referensi
http://farof.blogspot.co.id/2015/08/perbedaan-animasi-2d-dan-3d-yang-jelas.html
https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/
http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/pengertian-prinsip-prinsip-dan-perbedaan-animasi/

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images