Laporan Praktikum 2

20.00








Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material


1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

       perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path adalah motion guide pada flash merupakan bagaimana cara mengubah/menjalankan posisi benda/obyek sesuai pada jalur tracknya. sedangkan camera path adalah menjalankan kamera sesuai jalurnya, benda/obyek tetap di tempat. 
   Physical Sky merupakan kondisi cahaya dalam shot animasisesuai dengan waktu detailnya. sedangkan area light merupakan keadaan cahaya obyek dengan lighting yang dapat diatur sesuai kebutuhan. bisa dikatakan sebagai lighting eksternal (tambahan).
        material merupakan tekstur atau bahan dari sebuah benda. banyak sekali jenis material benda yang setiap hari kita temui. seperti contoh material karet untuk sandal, sepatu, penghapus; besi untuk sparepart sepeda, tiang bendera, mur, baut; atau plastik seperti botol air mineral, tupperware, dan lain sebagainya. di dalam praktikum ini, saya menggunakan material Nukei, karena menurut saya yang cocok untuk logo pens.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.


  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky



  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light


  4. Menambahkan Material


7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

di dalam pengerjaan praktikum kedua ini saya mengalami kesulitasn saat pengaturan kamera (camera path), karena baru pertama kali tangan mengoperasikannya. mungkin masih kaku namun saya mencoba terus. dan obyek yang kita buat bisa diubah material beserta pencahayaan sesuai dengan detail waktu yang kita inginkan.

9. Referensi

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images