MMB, what’s that ?

23.50


 

Hallo brothers sisters, balik lagi nih ane di layar gadget anda anda semua. Kali ini saya akan sedikit banyak memperkenalkan sesuatu yang sedang saya jalani sekarang. Berawal dari pengalaman sih. Jadi ceritanya saya ditanyain banyak orang.
X          : “ wah sekarang kamu kuliah ya, dimana ?”
Saya    :“iya, Alhamdulillah. Di PENS”
X          : “PENS ? Dimana itu ? “
Saya    : “Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Kampusnya ada di Sukolilo Surabaya.    Tetanggaan sama kampus sebelah.”
X          : “oalah. Ambil jurusan apa ?”
Saya    : “MMB”
X          : “apalagi itu MMB?” -_-“
Dari cuplikan percakapan saya dengan beberapa orang, herannya kok ya sama jawabannya. Seolah-olah kayak capek sendiri harus njelasin satu satu ke setiap orang yang bertanya begitu. Pengen deh ngelakuin Pers Conference biar bibir saya ini tak berbusa njelasin terus. --"
            Okelah saya utarakan disini saja. Biar nanti kalo ada orang yang tanya lagi saya kan bisa nyuruh buka blog saya sambil promosi juga :D. MMB itu singkatan dari Multimedia Broadcasting. MMB di PENS, terbentuk pada tahun 2008. Ya meskipun umurnya masih muda, tapi jurusan ini nggak kalah eksisnya dengan jurusan-jurusan yang lain. Multimedia Broadcasting adalah jurusan yang bergerak di bidang multimedia dan broadcasting. Terdapat unsur art dan engineeringnya dalam jurusan ini. Gambarannya, semisal kita punya sebuah karya. Apakah karya itu dianggurin kah? Apakah karya itu hanya menjadi konsumsi pribadi tanpa perlu dipublish ke khalayak umum? Bagaimana cara kita bisa menyebarluaskan karya kita supaya di luar sana itu mengetahui tentang banyak hal? Di MMB itu nggak hanya produksi karya, karya, dan karya saja. Sebuah karya sepertinya akan sia-sia jika kita tidak bisa bagaimana caranya supaya karya itu sampai di tangan konsumen. Kita belajar untuk tidak mati dalam pembuatan karya. Suatu proses bagaimana siaran tv bisa sampai ke TV kita, bagaimana siaran radio itu bisa kita dengarkan dengan range tertentu dari manapun, bagaimana pengaplikasian teknologi dalam proses broadcastnya. Ya seperti yang kita ketahui bahwa saat ini tuh teknologi semakin berkembang pesat, selalu teupdate di tiap waktunya. Jadi jurusan ini akan terus berkembang pula seiring berkembangnya teknologi. Nggak bakal deh ketinggalan jaman.
            Selain itu, di MMB juga diajarin di bidang multimedianya. Namanya juga multimedia ya, banyak media yang digunakan di MMB ini. Belajar memecahkan suatu permasalahan, belajar untuk membuat jalan cerita yang berurutan dan berhubungan dalam storytelling dan storyboarding, animasi, fotografi, publishing, jurnalistik, dan lain sebagainya. Itu dalam bidang multimedianya. Jadi kita juga punya bahan apa yang akan dibroadcast. Untuk menunjang segala kebutuhan anak MMB dalam industri kreatif yang nantinya akan dihadapi, MMB dalam naungan departemen Multimedia Kreatif atau biasa disebut dengan MMK, memfasilitasi mahasiswanya untuk bisa mengembangkan dirinya dalam komunitas. Komunitas yang ada di MMK sendiri ada 10. Diantaranya:
     ·         Semut ( Sineas Multimedia Broadcasting )
     ·         Programming
     ·         Animasi
     ·         Desain Grafis
     ·         Radio
     ·         Board Game
     ·         Fotografi
     ·         ADAW ( Arek Digital Audio Workstation )
     ·         KiOS
     ·         E-sport
Komunitas tersebut bertujuan untuk menambah ilmu dan skill di luar jam kuliah. Komunitas juga bisa kita jadikan sebuah forum atau kelompok untuk mengikuti kompetisi ataupun membuat produk yang bisa dijual.
            Sudah banyak sekali alumni dari MMB ini yang menghiasi dunia kerja di luar sana. Ada yang di stasiun TV seperti Trans tv, Trans 7, Metro tv, NET, Kompas, dll, ada yang di stasiun radio, media cetak, event organizer, atau bahkan berwirausaha sendiri. Diharapkan mahasiswa lulusan MMB dapat bersaing di dunia industri kreatif nantinya. Oleh karena itu saat kuliah mendapatkan banyak materi. Jam kuliah beserta kegiatan yang padat bisa dijadikan sebagai latihan untuk menjadi art engineer. Dituntut untuk up to date dan terus produktif di era perkembangan jaman seperti ini. Oh ya, info lebih lanjutnya bisa dilihat di mmb.pens.ac.id

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images