Laporan Praktikum 3

00.42

Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1. Tujuan

         Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves. membuat variasi object animasi dan memperhalus gerakan dengan menggunakan F-Curves

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan

  1. hasil praktikum sebelumnya
  2. asset sekunder

4. Dasar Teori

        Secondary Assets merupakan object yang ada di dalam sebuah animaisi selain object utama. biasanya dibedakan dengan ukuran, warna, atau bentuk diantara keduanya. secondary object bisa dibilang pemeran pembantu, digunakan untuk mendukung object utama dalam sebuah animasi. dapat juga digunakan supaya animasi tidak terlalu sepi, tidak hanya terdapat object utama saja.

           F-Curves merupakan grafik movement atau pergerakan object dari sebuah animasi. F-Curves digunakan untuk memperhalus gerakan di scene animasi dan mengatur kecepatan pergerakan animasi. misalnya ingin mempercepat atau memperlambat object pada detik ke 00.02-00.10, maka bisa menggunakan fasilitas F-Curves.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
  1. Tambahkan secondary Assets
  2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
  3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo) 
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves




7. Hasil Praktikum

 

8. Kesimpulan

         sebuah animasi dapat diatur pergerakannya berdasarkan cepat lambatnya dari movement object. dengan menggunakan F-Curves kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. animasi juga bisa ditambahkan secondary object untuk menemani object utama. secondary object ini bisa dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, atau warna dari object utamanya. F-Curves dan juga secondary object sama-sama mendukung animasi untuk lebih hidup dan tertata rapi.
         di dalam pengerjaan ini saya sempat merasa kesulitan. yang pertama dan utama adalah laptop saya tidak memenuhi kriteria untuk diinstall Cinema4D. jadi selama pengerjaan saya berusaha untuk meminjam laptop teman, selain mengerjakannya di lab. karena keterbatasan waktu yang membuat tidak selesai mengerjakan di lab. kesulitan saya yang kedua yaitu ketika menggunakan helix, object tidak pas berada di jalurnya. namun, masih bisa dijalankan. dan yang terakhir adalah ketika hasil pengerjaan di render hasilnya berlatar belakang putih. padahal physical sky sudah diatur. ternyata, terdapat salah centang pada saat proses save rendering, dan dapat terselesaikan dengan dibantu sama dosen.

9. Referensi

Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images