Laporan Praktikum 7

21.06

Prak. 7 – Membuat Aset Utama

1. Tujuan

Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16

3. Bahan 
Tanpa bahan

4. Dasar Teori
  • NURBS modeling

    adalah cara permodelan  permukaan secara parametrik yang umumnya digunakan dalam grafik komputer. NURBS bersifat lebih universal dari Bezier Spline atau B-spline karena selain bisa memodelkan sebarang permukaan ia bisa memodelkan juga geometri analitik seperti lingkaran, elipsis, bola, dan lain-lain

  • Cara kerja Sweep di Cinema 4D

     Sweep NURB adalah benar-benar menyenangkan . Ini super mudah digunakan selama Anda mengaturnya dengan benar . Sebuah NURB Sweep adalah bentuk dibuat dengan mengambil satu spline dan memproyeksikan itu sepanjang spline lain . Untuk memahami apa artinya , kita lihat di sekitar meja Anda . Kabel yang melekat pada mouse , atau kabel listrik , atau AC duct-- ini merupakan contoh yang bagus dari Sweep NURBS . Sekarang NURB jangka , Non Uniform Rational B - Spline , memiliki kata B - spline di dalamnya, tetapi tidak mengambil yang berarti bahwa Anda hanya dapat menggunakan B - splines dengan NURBS . Aku hanya kebetulan seperti menggunakan spline B- dengan objek Sweep NURB , tetapi Anda dapat menggunakan jenis spline sama sekali .
  • Bump map pada material setting

     Bump map sebenarnya salah satu jenis yang lebih tua dari map kita akan melihat hari ini. Hal pertama yang Anda harus memahami tentang Bump map adalah bahwa detail yang mereka buat adalah palsu. Itu benar, Bump map menciptakan ilusi kedalaman pada permukaan model menggunakan trik pencahayaan yang sangat sederhana. Tidak ada resolusi tambahan ditambahkan ke model sebagai hasil dari Bump map. Biasanya, Bump map adalah gambar grayscale yang terbatas pada 8-bit informasi warna. Itu hanya 256 warna yang berbeda dari hitam, abu-abu atau putih. Nilai-nilai ini di peta benjolan digunakan untuk memberitahu software 3D pada dasarnya dua hal. Atas atau bawah. Ketika nilai-nilai di Bump map yang dekat dengan 50% abu-abu, ada sedikit atau tidak ada detail yang datang melalui di permukaan. Ketika nilai-nilai mendapatkan terang, bekerja dengan cara mereka ke putih, rincian muncul untuk menarik keluar dari permukaan. Untuk kontras itu, ketika nilai-nilai mendapatkan lebih gelap dan lebih dekat ke hitam, mereka tampaknya mendorong ke permukaan. Bump map benar-benar hebat untuk menciptakan rincian kecil di model. Misalnya pori-pori atau kerutan pada kulit. Mereka juga relatif mudah untuk membuat dan mengedit dalam aplikasi 2D seperti Photoshop mengingat Anda hanya menggunakan nilai-nilai grayscale. Masalah dengan Bump map adalah bahwa mereka melanggar cukup mudah jika kamera memandang mereka dari sudut yang salah. Karena detail yang mereka buat adalah palsu dan tidak resolusi nyata yang ditambahkan, siluet geometri bahwa Bump map diterapkan akan selalu terpengaruh oleh  map.

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum
  • Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS

  • Membuat material yang bersifat Glossy


7. Hasil Praktikum

  • Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS


  • Membuat material yang bersifat Glossy



8. Kesimpulan
Dalam praktikum ini, kami membuat aset untuk projek baru. keduanya tidak terlalu mengalami kesulitan yang cukup berarti. karena sudah mendapatkan materi pada projek sebelumnya. semoga ilmu ini terus diingat dan bermanfaat.

https://id.wikipedia.org/wiki/NURBS

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images