Laporan Praktikum 10

20.57


Prak 10 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) (Part 2)


1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh kombinasi kreatif antara cloner dan spline wrap.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

          dalam praktikum ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencloner object yang telah dibuat di praktikum sebelumnya. cloner ini maksudnya adalah membuat object menjadi lebih banyak, atau dengan kata lain mencopy atau menggandakan, dengan jumlah dan arah yang bisa kita inputkan secara manual. sehingga akan membuat objetc yag kita inginkan menjadi lebih mudah dan cepat.
          selanjutnya adalah spline wrap, merupakan fasilitas pada Cinema 4D yang berupa garis. garis ini dijadikan sebagai rute dari suatu object, sehingga object akan mengikuti spline wrap ini sesuai kebutuhan modeller. dalam praktikum ini object dibuat bentuk lingkaran. jadi, spline wrap yang digunakan adalah bentuk circle.
         setelah itu, melakakukan cloner untuk cloner. cara menggunakan cloner untuk cloner itu sendiri yaitu setelah object dicloner sebanyak yang kita inginkan. dibentuk sesuai kebutuhan, jika dalam praktikum ini dibentuk menjadi sebuah lingkaran (dengan spline wrap). kemudian dimasukkan kedalam grup untuk dicloner lagi menjadi sebuah tabung. jumlah lingkaran cukup 6 saja. jangan lupa untuk mengaktifkan render instances pada cloner kedua.

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

  1. Target Aset yang akan dibuat
  2. Menduplikat object menggunakan cloner
  3. Mengubah bentuk menggunakan spline wrap
  4. Menduplikat cloner menggunakan cloner

7. Hasil Praktikum



 


8. Kesimpulan

          dalam praktikum ini adalah memproses lebih lanjut dari object yang telah dibuat di praktikum sebelumnya. ini bertujuan untuk membuat sebuah tabung dari kumpulan lingkaran-lingkaran. kesulitan yang saya alami menyebabkan hasil pada permukaan lubangnya tidak rata. seolah-olah seperti ulir mur yang titik akhir tidak bertemu dengan titik awal object clonernya. hasilnya bisa lilihat pada gambar di atas. 


9. Referensi

Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images