Laporan Praktikum 9

21.24

Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

        Polygon Modeling merupakan tipe pemodelan yang terdiri atas sekumpulan polygonal dengan minimal 3 titik atau vertex dari setiap polygon, sekumpulan dari polygon tersebut akan menghasilkan sebuah model objek 3D. mudahnya, polygon modelling merupakan teknik pembuatan bentuk 3D pada software grafis 3D dengan cara menggabungkan beberapa bentuk dasar 3D yang ada. misalnya akan membuat modelling sebuah meja, dapat digunakan dengan menggabungkan beberapa buah balok dan mungkin juga tabung untuk variasinya.
        Subdivision Surface merupakan langkah untuk melihat object menjadi lebih halus. teknik dasar dari proses ini adalah dengan membagi tiap segitiga atau poligon sehingga dari segitiga awal tadi didapatkan segitiga baru yang lebih kecil, proses itu juga menghasilkan garis (edge) dan vertex tambahan, dalam proses subdivision tersebut tentu saja terdapat aturan-aturan tertentu. Metode subdivision surface memungkinkan pembuatan model tiga dimensi dari suatu objek dibuat lebih mudah, karena untuk mendapatkan suatu model dengan resolusi mesh yang tinggi kita hanya cukup menambahkan subdivision surface pada model awal.
          Smooth Shift merupakan metode dalam software 3D modelling dimana fungsinya adalah untuk menghaluskan (Sublimate) path. untuk mengaktifkan tool ini tekan Shortkey "M" kemudian "Y"

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

1. Target Aset yang akan dibuat

2. Membuat bentuk polygon dasar

3. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface

7. Hasil Praktikum


 

8. Kesimpulan

              Praktikum ini bertujuaan untuk membuat assets 3D dengan menggunakan beberapa metode yang telah diterangkan di atas. dalam pengerjaannya, saya mengalami beberapa kesulitan sehingga membuat hasil akhir tidak sesuai dengan yang diharapkan. selain itu, keybord shortcut yang sedikit rumit membuat saya kesulitan untuk menghafal, karena mungkin hanya digunakan dalam sekali praktikum.

9. Referensi


http://www.mohhasbias.com/prak-09-membuat-aset-sekunder-capsule/
http://mzhakim.blogspot.co.id/2013/01/modeling-3d-bangku-kecil.html
https://bebery.files.wordpress.com/2015/01/buku-surface-modelling1.pdf

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images